Author Profile

Ini Pilihan Konektor Unshrouded 2mm/ 4mm Banana Soket Diaplikasikan Pada Perangkat Uji Elektronik
Accessory, Guingineering

Ketahui Konektor Terminal Model Unshrouded 2mm & 4mm Soket Banana Yang Diaplikasikan Pada Perangkat Uji Elektronik

Update on: April 27, 2024  

Berkarya Saja – Peninjauan singkat dan rekomendasi komponen interkoneksi soket banana dengan model unshrouded berdiameter 2mm dan 4mm yang paling populer digunakan dalam alat uji kelistrikan pada arus dan tegangan rendah.

Introduksyon

Setiap perangkat atau alat tentunya memiliki peringkat arus dan rentang tegangan operasional yang sesuai dengan komponen yang terpasang di dalamnya. Dengan demikian, alat atau perangkat yang dirancang akan bekerja secara maksimal.

Namun belakangan ini banyak produk buatan rumah (homemade) atau brand lokal yang menggunakan komponen kelistrikan yang tidak memenuhi standar tegangan dan arus yang sesuai, seperti pada alat peraga pembelajaran di laboratorium.

Peralatan pembelajaran laboratorium, terutama alat peraga elektronika, biasanya menggunakan konektor listrik jenis unshrouded soket banana sebagai terminal untuk menyambungkan kabel. Dalam proses perakitan dan pengujian rangkaian elektronik pada alat peraga, konektor unshrouded soket banana ini memainkan peran penting.

Sekilas Tentang Unshrouded Soket Banana

Konektor terminal unshrouded soket banana adalah jenis soket banana yang tidak dilapisi pelindung atau tanpa selubung pipa dan hanya memiliki satu lubang penghantar. Unshrouded soket banana ini dirancang dengan model panel mount agar dapat dipasang pada panel peralatan elektronik.

Baca Juga: Mengenal Konektor Binding Post Multiple Panel Mount Dengan Metode Koneksi 5 (Five) Way!

Seperti yang dijelaskan dalam artikel mengenai konektor banana soket dan plug bahwa soket banana atau disebut juga dengan female banana jack yang merupakan komponen interkoneksi jenis betina yang umumnya digunakan untuk menghubungkan kabel atau terminal dengan perangkat.

Terminal soket banana unshrouded ini memiliki bentuk yang memungkinkan pengguna untuk langsung menyisipkan ujung kabel jumper ke dalamnya tanpa perlu memakai perlengkapan tambahan.

Pada prinsipnya, fungsi dari female banana model panel mount ini adalah sebagai terminal untuk menghubungkan dengan kabel banana plug. Pasangan yang sesuai dengan unshrouded soket banana ini ialah konektor kabel banana plug jenis un-insulate.

Baca Juga: Konektor Kabel Un-insulate 2mm dan 4mm Banana Plug

Biasanya, unshrouded female atau soket banana ini digunakan dalam aplikasi laboratorium, eksperimen elektronik, atau industri audio-visual. Dan paling populer digunakan pada peralatan elektronik seperti catu daya, alat peraga atau peralatan uji kelistrikan yang memiliki lingkungan penggunaan pada peringkat arus dan tegangan rendah.

Setiap jenis konektor unshrouded soket banana yang tersedia di pasaran memiliki peringkat arus dan tegangan yang bervariasi tergantung pada desain dan modelnya. Dan juga terdapat beberapa model konstruksi dengan diameter 2mm dan 4mm. Model-model ini dapat ditemukan di berbagai lokapasar.

Jadi, jika Anda belum terlalu mengenal yang namanya female atau soket banana, tidak perlu khawatir. Dalam tulisan ini, Alpharizonet akan memberikan panduan untuk komponen soket banana model unshrouded sesuai dengan kebutuhan peralatan Anda.

Baca Juga: Peringkat Keamanan CAT II, III atau IV Rating Pada Alat Ukur Listrik

Berikut adalah sederet rekomendasi terminal unshrouded female banana 2mm dan 4mm yang paling populer diaplikasikan dalam perangkat uji elektronik.

A. Rekomendasi Unshrouded 4mm Female Banana

Ini dia pilihan soket banana unshrouded ukuran 4mm standar yang sangat populer digunakan dalam peralatan pembelajaran. Selain berbagai spesifikasi yang tersedia, soket banana 4mm ini juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Menariknya, standar terminal unshrouded soket banana ini bisa Anda beli dengan mudah di Tokopedia. Bagi yang penasaran, yuk baca ulasan selengkapnya!

1. H6/21 Unshrouded 4mm Soket Banana

H6/21 Plate Ring Unshrouded 4mm Soket Banana

Terminal unshrouded soket banana dengan tipe H6/21 ini secara luas digunakan pada peralatan pembelajaran seperti pada trainer elektronika, alat peraga PLC dan juga pada perangkat elektronik lainnya.

Spesifikasi dari H6/21 unshrouded 4mm female banana ini meliputi:

⊳ Bodi berinsulasi terbuat dari nilon ABS dengan penghantarnya berbahan kuningan yang cukup tebal dan dilapisi lapisan nikel pada permukaannya.

⊳ Diameter outer yang dimiliki untuk lubang panel berkisar 6mm dengan toleransi ± 0.1mm dan ketebalan untuk pemasangan pada panel maksimum 3mm serta dimensinya relatif pendek yaitu sekitar 21mm.

⊳ Memiliki peringkat arus sebesar 19 ampere maksimum dan rentang tegangan operasional pada AC 30Vrms dan DC sebesar 60V maksimum.

⊳ Metode penyambungan kabel menggunakan penyolderan langsung pada permukaan koneksinya.

Konektor M6/21 ini dilengkapi dengan koneksi plate ring yang dapat di solder ke kabel, tanpa harus menyolder ke permukaan bodinya. Anda bisa mendapatkan produk konektor H6/21 unshrouded soket banana ini dengan harga terjangkau di Toko ini.

2. H8/28 Faston Unshrouded 4mm Female Banana

M8/28 Faston Unshrouded 4mm Female Banana

Model konektor female banana H8/28 faston ini sangat cocok untuk digunakan pada peralatan demonstrasi atau trainer otomasi listrik seperti PLC, sistem udara terkompresi (pneumatic), dan elektronika daya seperti sistem catu daya transformator, konverter DC ke DC dan lain-lain.

Keunggulan soket banana H8/28 faston unshrouded 4mm adalah sebagai berikut:

Artikel Lain:  Apa itu Konektor Listrik? Ayo, Kenali Lebih Jauh Jenis Aksesori Interkoneksi Listrik

⊳ Koneksi yang dimiliki H8/28 ini untuk penyambungan kabel menggunakan metode cepat atau disebut faston yaitu male spade lugs atau sekun jantan dengan ukuran 4,8mm.

⊳ Rentang tegangan operasionalnya mencapai hingga 33 volt RMS AC dan 70 volt DC, dengan rating arus sebesar 24 ampere dan resistansi maksimum mencapai 5mΩ.

⊳ Bahan insulasi pada bodinya adalah nilon ABS dan konduktornya adalah kuningan berlapis nikel.

⊳ Ukuran lubang panel memiliki diameter sekitar 8mm dengan toleransi sebesar ± 0,1mm dan ketebalan maksimum pemasangan pada panel adalah 6mm, serta memiliki dimensinya cukup panjang yakni berkisar 28mm.

Dapatkan segera produk H8/28 soket banana lengkap dengan dengan sekun female (spade lugs) di lapak ini. Produk H8/28 ini original dan harganya sangat terjangkau.

3. M8/226 Plate Pin Unshrouded 4mm Soket Banana

M8/226 Plate Pin Unshrouded 4mm Soket Banana

Umumnya, konektor model ini tersedia dalam bentuk produk jadi atau perangkat siap pakai seperti alat peraga dan perlengkapan mixing audio, dan sering diproduksi oleh perusahaan asing.

Namun saat ini, konektor model H8/266 sudah dapat dibeli secara komersial dan biasanya digunakan untuk perangkat edukasi seperti trainer op-amp, alat peraga astable dan monostable 555, dan peralatan uji laboratorium sejenisnya, serta dalam peralatan audio seperti mixer radio.

Produk female banana H8/266 plate pin unshrouded 4mm memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

⊳ Tegangan pengoperasiannya berkisar hingga 33Vrms dari arus bolak-balik (AC) dan 70V dari arus searah (DC) dan kekuatan arus berkisar 19 ampere.

⊳ Memiliki penghantar berbahan kuningan dengan permukaannya dibaluti lapisan nikel dan isolator pada bagian bodinya dibuat dari nilon ABS.

⊳ Berukuran panjang sekitar 22,6mm dengan diameter luar 8mm untuk lubang panel dengan toleransi sebesar ± 0,1mm dan ketebalan maksimum untuk pemasangan pada panel 3mm.

⊳ Metode sambungan kabel menggunakan solder.

Konektor model H8/266 ini dijual dibeberapa lokapasar dan E-Commerce.

Baca Juga: Tentang Konektor Banana Plug dan Soket

B. Rekomendasi Unshrouded 2mm Soket Banana

Di bawah ini adalah dua pilihan miniatur unshrouded soket banana berukuran 2mm yang paling umum digunakan dalam alat peraga. Unshrouded 2mm soket banana ini memiliki harga yang terjangkau dan hadir dengan spesifikasi yang beragam.

Miniatur unshrouded soket banana ini bisa Anda beli di Tokopedia. Sekarang, simak ulasan selengkapnya!

1. H4/112 Plate Ring Unshrouded 2mm Female Banana

Model plug and test 2mm banana soket M4 screw ini memiliki rating tegangan AC 30V dan tegangan DC pada 60V.
M4/112 Plate Ring Unshrouded 2mm Female Banana

Biasanya, jenis miniatur soket banana H4/112 ini digunakan pada peralatan simulator contohnya pada trainer kit mikrokontroller yaitu sistem embedded dengan arduino, internet of things (IoT) dan pada alat peraga sistem digital.

Miniatur female banana H4/112 ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

⊳ Rating maksimum arus yang dimilikinya adalah 5 ampere, sementara tegangan operasinya dapat mencapai hingga 30 Volt AC dan 60 volt DC.

⊳ Konduktornya terbuat dari kuningan yang dilapisi nikel, sementara insulasi bodinya terbuat dari nilon ABS

⊳ Cara penyambungan kabel menggunakan penyolderan.

⊳ Panjangnya bodi secara keseluruhan 11,2mm dan diameter untuk lubang adalah panel 4mm dengan maksimum ketebalan panel 2,5mm.

Segera dapatkan miniatur soket banana H4/112 ini dengan harga terjangkau di lapak ini. Produk H4/112 ini dilengkapi dengan koneksi plate ring yang bisa di solder ke kabel, sehingga Anda tidak perlu melelehkan timah solder ke bagian permukaan bautnya.

2. H6/24 Plate Pin Unshrouded 2mm Soket Banana

M6/24 Plate Pin Unshrouded 2mm Female Banana

Miniatur model H6/24 ini sering digunakan dalam peralatan demonstrasi laboratorium seperti pada alat peraga sistem digital, mikrokontroller yang terintegrasi dengan sistem embedded Arduino, dan internet of things (IoT).

Sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh miniatur H6/24 female banana, sepert:

⊳ Batas tegangan operasinya mencapai hingga 30 volt AC dan 70 volt DC sedangkan peringkat arusnya maksimum sebesra 5 ampere.

⊳ Memiliki bodi insulasi yang terbuat dari bahan komposit ABS sedangkan penghantarnya terbuat kuningan berlapis nikel.

⊳ Diameter lubang panel sekitar 6mm dengan toleransi ± 0.1mm dengan ketebalan panel mancapai 4mm, sementara dimensi panjang totalnya 24mm.

⊳ Cara menghubungkan kabel dengan menggunakan teknik penyolderan.

Miniatur H6/24 ini dijual dengan harga yang ramah, Anda bisa mendapatkan di sini lapaknya.

Penutup

Itulah kelima pilihan unshrouded female banana socket 2mm dan 4mm yang tersedia di pasaran dan yang terpopuler diaplikasikan pada perangkat uji maupun ukur dalam elektronika.

Notes: Artikel ini telah diperbarui, 27/04/2024. Untuk terhubung dengan kami di media sosial, kunjungi halaman Facebook dan Linkedin kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *