Author Profile

Sudah Pernah Tahu atau Menggunakan Battery Eliminator dan Apa Itu Battery Eliminator Alpharizo-net Indonesian Engineering Blogger Berkarya Saja
Insight, Device

Sudah Pernah Tahu atau Menggunakan Battery Eliminator?

Berkarya Saja – Supaya tidak terjebak ketika membeli perangkat elektronik di lokapasar, ada baiknya untuk mengenal istilah battery eliminator!

Introduksyon

Belakangan ini, beberapa situs blog diluar negeri bermunculan istilah “battery eliminator“. Tidak hanya itu, dibeberapa e-commerce maupun lokapasar diluar negeri maupun dalam negeri menjual produk elektronik dengan kata-kunci batttery eliminator. Padahal, kata-kunci (keyword) ini mungkin kita sudah mengenalnya dengan nama atau istilah lain yang maksudnya sama.

Jangan khawatir! Berdasar penelusuran, Alpharizonet akan memberikan contekan untuk kalian. Dibawah ini ada beberapa informasi terkait sumber daya listrik langsung yang sering kalian temui maupun pernah menggunakan. Untuk menambah pengetahuan dan tidak bingung, simak penjelasan berikut ini!

Apa Sih Battery Eliminator Itu?

Battery eliminator yang artinya penghilang baterai merupakan perangkat yang menghilangkan kebutuhan akan baterai dengan menyediakan sumber daya langsung ke divais portabel dalam hal ini peralatan elektronik yang biasanya ditenagai oleh baterai. Contohnya, radio compo, discman player, lampu emergency dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pilihan Modul UPS Boost Converter DC/DC 18650 Lithium Yang Tepat Untuk Projek Divais Elektronik Yang Portabel!

Perangkat battery eliminator ini dapat berguna dalam kondisi di mana baterai sedang lowbat atau tidak tersedia dan atau di mana sumber daya listrik langsung lebih disukai daripada baterai.

Sumber daya listrik langsung yang dimaksud ialah suplai daya (power supply) DC yang merupakan perangkat yang mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC) atau mengubah tegangan tinggi ke tegangan rendah.

Jadi, battery eliminator ini sebenarnya sama dengan power supply DC yang umumnya digunakan untuk menyuplai perangkat elektronik yang bertenaga baterai. Suplai daya DC ini pun berbagai jenis yang beredar di pasaran.

Bacalah Ini Untuk: Memahami, Apa Itu Battery Charger Dan Bagaimana Dengan Charge Controller?

Eliminator baterai History dan Apa Sih Battery Eliminator Itu Indonesian Engineering Blogger Berkarya Saja
Bermacam-macam Model Battery Eliminator

History Battery Eliminator

Dilansir dari publikasi Small Industries Service Institute and Small Scale Industries, Electronics and Electrical Nirman Bhavan, New Delhi, perangkat battery eliminator ini sudah diproduk sejak tahun 2002 – 2003. Dengan judul publikasi tersebut ialah Power Pack/Battery Eliminators.

Dalam publikasi tersebut menjelaskan bahwa battery eliminator ini digunakan sebagai pengganti baterai kering biasa sebagai sumber listrik untuk menyuplai peralatan elektronik yang dioperasikan dengan daya rendah seperti penerima radio AM/ FM, tape recorder dan lainnya. Output dari battery eliminator adalah tegangan DC yang biasanya bervariasi dari 1,5 V / 3 V hingga 12 Volt dengan rating arus 500mA.

Artikel Lain:  Apa Itu IEC dan Bagaimana Publikasi Standar IEC?
Power Pack Battery Eliminator Diagram Block Indonesian Engineering Blogger Berkarya Saja
Diagram Blok Battery Eliminator

Didalam perangkat battery eliminator itu tersusun beberapa komponen elektronik yang terdiri dari transformator step-down, rektifayer, filter DC, regulator dan rangkaian selektor tegangan. Selain itu, ada juga yang menggunakan sirkuit yang sederhana banget tanpa menggunakan regulator. Model seperti ini dikenal dengan adaptor AC – DC.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Antara Protection Circuit Module (PCM) dan Battery Management System (BMS)!

Dipasaran, battery eliminator sangat banyak dijual di lokapasar dan modelnya juga bermacam-macam. Seperti model adaptor AC – DC dikenal dengan wal adaptor selectable, low voltage power supply, rotary/selectable DC power supply, adjustable DC regulated, battery replacement power supply dan lain sebagainya. Tetapi, pada intinya perangkat battery eliminator ini karakteristiknya adalah output tegangannya bervariasi.

Sebenarnya penggunaan battery eliminator ini sudah lama banget kisaran tahun 2000-an. Lalu, sekitar tahun 2010 hingga 2013 di beberapa situs juga memposting artikel tentang battery eliminator. Artinya battery eliminator ini bukan hal yang baru.

Yups, sekian dulu informasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *