Author Profile

Yang Harus Anda Tahu! Fitur Konektor Shrouded 4mm Banana Soket Yang Diaplikasikan Pada Piranti Uji Elektrik
Accessory

Yang Harus Anda Tahu! Fitur Konektor Shrouded 4mm Banana Soket Yang Diaplikasikan Pada Piranti Uji Elektrik

Berkarya SajaYang terfamiliar diaplikasikan sebagai terminal plug and test pada piranti uji listrik tegangan atau arus besar, shrouded 4mm banana soket.

Introduksyon

Mengenal lebih jauh dengan konektor shrouded 4mm banana soket. Biasa dikenal dengan safety protection 4mm female banana jack, ini jenisnya sama dengan unshrouded female banana yang merupakan konektor listrik panel mount.

Shrouded 4mm banana soket ini cocok di koneksikan dengan konektor kabel 4mm terisolasi male banana. Yang tersedia dipasar di berbagai lokapasar itu ada yang branded dan ada yang tidak branded. Meskipun begitu, shrouded 4mm banana jack ini telah memenuhi standar keselamatan internasional terbaru IEC 61010-031, untuk penggunaan piranti pada Measurement Categories (CAT III and CAT IV).

Umumnya, terminal plug and test safety shrouded 4mm banana soket panel mount itu digunakan pada piranti ukur seperti pada Clamp Meter, Multimeter, Osiloskop dan piranit ukur lainnya.

Sementara pada shrouded 4mm female banana jack ini juga diaplikasikan sebagai terminal plug and test dalam piranti uji listrik tegangan atau arus besar seperti pada piranti edukasi; trainer kelistrikan, kelistrikan otomotif, trainer pneumatik, alat peraga energy solar-cell dan wind-turbin serta piranti uji listrik lainnya.

Safety Protection

Terminal shrouded 4mm banana soket ini cocok dikoneksikan dengan konektor 4mm male banana plug terisolasi dan telah memenuhi standar keselamatan internasional terbaru IEC 61010-031 CAT III/CAT IV.
[Figure 1] Model/Gaya Konstruksi Shrouded 4mm Banana Socket

Sudah dijelaskan diatas bahwa shrouded banana plug jenisnya sama dengan unshrouded female banana tetapi ada perbedaan pada lubang koneksi. Shrouded banana plug ini memliki fitur tambahan pada lubang koneksi. Fitur tambahan ini merupakan fitur pengaman setrum.

Dalam lubang koneksi terdapat dua lubang yakni, Pertama; lubang bagian tengah yang terpasang selubung pipa sebagai tempatnya konduktor yang dikoneksikan dengan male banana. Lalu kedua; letak lubangnya bagian luar yang mengelilingi selubung pipa yang berfungsi untuk menerima masukan insulated 4mm male banana.

Safety Female Banana Terfamiliar

Sudah familiar belum, sama konektor terminal plug & test model shrouded female ini? Simak penjelasan berikut, ya. Konektor shrouded 4mm banana plug ini dijual di berbagai lokapasar itu kebanyakan universal dan terdapat hanya beberapa model saja. Yang terfamiliar diaplikasikan pada piranti uji Laboratorium itu diantaranya shrouded 4mm banana soket model screw connections dan model faston connections.

::Rekomendasi Insulate Shrouded 4mm Banana Socket

.::Untuk Trainer Listrik 220V, Dapatkan: Shrouded 4mm Banana Soket Model Screw
Dalam data teknis, shrouded/ safety banana plug screw ini arus yang dilalui cukup besar juga yakni 25A hingga 32A dengan resistansi kurang dari 12 mΩ. Dan dengan IEC rating tegangan pada 1.000 V CAT III dan 600 V CAT IV.
Figure [2] Shrouded 4mm Banana Plug Model Ring-Plate Connection

Untuk safety 4mm female banana jack model screw ini metode penyambungan kabelnya melalui koneksi ring tab dengan pengencangnya berupa sekrup/ baut berukuran M4.

Dalam data teknis, shrouded banana soket model screw ini mampu dialiri arus sampai maksimum 32 Ampere dengan resistansi kurang dari 12 mΩ. Dan sesuai dengan IEC, rating tegangan 1.000 V pada CAT III dan 600 V pada CAT IV.

Artikel Lain:  Perbedaan Test Lead dan Probe Yang Perlu Anda Ketahui

Selain rating, shrouded 4mm banana jack model screw ini didukung dengan pengantar berbahan kuningan dan permukaannya berlapis nikel agar tidak cepat korosi. Bersamaan dengan itu, pada body-nya terbuat dari bahan komposit ABS nilon.

Mudah dipasang pada panel uji, dengan diameter lubang panel 12mm ± 0.1mm dan tebal panel maksimum 0.40″ atau sama dengan 10mm. Konektor safety 4mm banana soket screw ini banyak jual di lapak online tersedia Lima warna, salah satunya di Official Store, Tokopedia dengan jenis barangnya import yang berkualitas.

::Untuk Trainer Kelistrikan Energi Surya/Angin, Dapatkan: Shrouded 4mm Banana Soket Model Faston
Konektor sekun yang digunakan tersebut berukuran 6.3mm. Dengan ukuran konektor female sekun yang besar tersebut sangat baik digunakan, dapat dilewati arus sampai maksimal 32A dan resistansinya <12 mΩ.
Figure [3] Shrouded 4mm Banana Plug Model Spade Lug Connection

Memiliki konstruksi koneksi model blade atau disebut koneksi cepat (faston). Model koneksi cepat seperti ini metode koneksi kabel tidak menggunakan solder tetapi cukup dikoneksikan menggunakan sekun krimping.

Konektor sekun yang digunakan tersebut jenis female berukuran 6.3mm. Dengan begitu, koneksi safety 4mm banana jack ini dapat dilewati arus hingga maksimum 32 Ampere dengan resistansinya kurang dari 12 mΩ. Sementara itu, shrouded 4mm banana soket ini juga dapat digunakan pada peringkat tegangan (voltage rating) 1.000 V CAT III dan 600 V CAT IV, sesuai standar IEC.

Shrouded 4mm banana soket model faston ini pada permukaan penghantar berlapis nikel yang terbuat dari bahan kuningan. Dengan housing isolatornya berbahan komposit ABS-nilon, yang memudahkan dalam perakitan. Dengan diameter lubang panel 12mm ± 0.1mm serta ketebalan panel maksimum 0.40″ atau setara dengan 10mm.

Terminal plug & test shrouded 4mm banana soket faston ini sudah lengkap dengan Female sekun, hanya terjual di Official Store, Tokopedia dengan kualitas barang import, tersedia Lima warna. Dari kedua model atau gaya konstruksi shrouded banana soket diatas diameter body, OD-nya sama. Yang mudah dirakit atau dipasang pada kotak atau box apa saja.

Nah, itu dia beberapa shrouded banana soket jual di Indonesia dan fiturnya yang harus Anda tahu.

Referensi :
> Data teknis di unduh dari laman https://s.alicdn.com/


Recommended by Tokopedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *